Kayong Utara Serius Tanggulangi Covid-19 -->

Kayong Utara Serius Tanggulangi Covid-19

05 Januari 2021,

Sukadana. Pemerintah Kabupaten Kayong Utara (KKU), terus berusaha meningkatkan efektifitas dan effisiensi penangan Covid-19. Termasuk juga, meningkatkan pelayanan medis dari berbagai penyakit lainnya yang diderita masyarakat.


Bupati Citra Duani sedang berikan penjelasan ke awak media ihwal keseriusan penanganan Covid-19 di samping Aula Pendopo Bupati di Sukadana, akhir Desember 2020. M Nur/Sukadana Post

“Terutama memberikan keringanan biaya pengobatan bagi masyarakat yang kurang mampu,” kata Drs Citra Duani, Bupati Kayong Utara di Sukadana, Jumat (1/1/2021) pagi.

 

Ia mengakui upaya rekan-rekan tim satuan tugas (Satgas) Covid-19 di Kayong Utara, Kalimantan Barat cukup maksimal. Terlepas dari kekurangan dan kelemahan.

 

“Tentunya kita jadikan sebagai bahan koreksi dan evaluasi untuk peningkatan lebih lanjut,” timpal Citra Duani.

 

Ia juga mengakui Kayong Utara memang mememiliki keterbatasan dalam penanganan Covid-19. Misalnya dikarenakan jumlah dan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang masih terbatas. Kemudian sarana dan fasilitas medis juga terbatas.

 

“Perawatan pasien juga masih harus dirujuk ke kabupaten Ketapang. Sedangkan untuk penanganan, penjagaan pintu masuk dan tracking terhadap yang kontak erat, sudah dilakukan sesuai dengan standar operasional sesuai protokol kesehatan,” papar Citra Duani.

 

Kelemahan lainnya, menurut dia, masih ada kelengkapan administrasi dalam pelaporan yang masih kurang dan terus diperbaiki. Begitu juga untuk membuat Laboratorium PCR (polymerase chain reaction), belum juga dapat terpenuhi karena kendala anggaran yang ada. 

 

“PCR adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, ataupun virus. PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-19. Yaitu, mendeteksi material genetik virus Corona,” kata Citra Duani. (nur)

 

TerPopuler