Akibat Pemangkasan, Jalan Siduk – Sukadana Hanya Dianggarkan 2,6 Miliar -->

Akibat Pemangkasan, Jalan Siduk – Sukadana Hanya Dianggarkan 2,6 Miliar

14 Juni 2020,
Bupati Kayong Utara Citra Duani bersama rombogan DPRD Provinsi dan pihak PU Provinsi meninjau jalan Siduk - Sukadana yang rusak parah. (*)



KAYONG UTARA, Sukadana Post –  Bupati Kayong Utara, Drs. Citra Duani bersama Komisi IV DPRD Provinsi Kalbar dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (12/6/2020)  melakukan peninjauan ruas jalan Siduk- Teluk Batang yang rusak parah. Diungkapkan Yohanes Rumpak Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, kunjungan kerja mereka kali untuk melihat lansung kondisi ruas jalan yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

Dilanjutkan Yohanes Rumpak, perbaikan jalan Provinsi yang rusak ini sudah dianggarkan, namun karena beberapa bulan terakhir terjadi covid-19 ini maka terjadi pemangkasan anggaran.

" Kita berkomitmen akan terus menganggarkan ruas jalan ini, kalau tahun ini dipangkas tahun depan akan kita anggarkan ulang," jelasnya.

Anggaran jalan ini sebelumnya dianggarkan dengan nilai 7 miliar lebih, karena ada pemangkasan tinggal 2,6 miliar. "Anggaran tahun ini untuk membantu fungsional nya saja, tahu depan akan kita anggarkanlagi," janjinya.

Sementara itu, Plt. Kadis PUPR Provinsi Kalbar Sukri, membenarkan kalau anggaran perbaikan jalan ini hanya tinggal 2,6 miliar  karena telah dipotong untuk anggaran penangulangan Covid 19.

"Salah satu penyebab rusaknya jalan ini adalah usia jalan yang sudah tua ditambah over muatan kendaraan ekspedisi yang melebihi tonase," katanya ketika mendampingi DPRD provinsi melihat jalan yang rusak.

Menurut Sukri, kemampuan ruas jalan Teluk Batang – Siduk hanya dapat menopang beban angkutan sekitar 8 ton. Sementara angkutan barang yang melewatinya banyak yang melebihi abang batas kemampuan jalan.
"PU provinsi akan segera melakukan  perbaikan jalan ini dengan membetulkan spot dan titik jalan yang rusak," terangnya.

Yuliani anggota Komisi IV dari Dalil Kayong Utara- Ketapang mengatakan, dia bersama anggota DPRD lainnya berkomitmen untuk terus mengawal perbaikan jalan ini. "Saya banyak menerima keluhan masalah jalan ini, karena ini kewenangan provinsi. Makanya kita mengajak PU Provinsi untuk turun lansung," jelas legislator Partai Amanat Nasional asal Kabupaten Ketapang. (uzi)



TerPopuler