BLT DD Penjalaan Sebesar 600 Ribu Disalurkan Ke Masyarakat

BLT DD Penjalaan Sebesar 600 Ribu Disalurkan Ke Masyarakat

20 Mei 2020,


Bupati Kayong Utara secara simbolis memberikan Bantuan Langsung Tunasi Dana Desa kepada warga penerima manfaat di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir. Desa Penjalaan tercatan sebagai Desa pertama di Kayong Utara dalam pembagian BLT Dana Desa di Kabupaten Kayong Utara. (Ist)

KAYONG UTARA, Sukadana Post - Bupati Kayong Utara Citra Duani memberikan apresiasi kepadaKepala Desa (Kades) Penjalaan yang telah menjadi pelopor penyaluran Bantuan Covid 19 Desa Kepada Masyarakat Miskin di Kabupaten Kayong Utara, pada kegiatan launching Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Desa Penjalaan, Rabu (20/5/2020).

"Saya mengapresiasi Kepada Kades yang dengan cepat dan sigap memberikan bantuan untuk Masyarakatnya dalam menghadapi bencana Covid 19. Pemimpin yang seperti ini yang dibutuhkan masyarakat. semoga dapat dicontoh oleh Kades Kades yang lain. Karena BLT memang selayaknya diberikan sebelum Hari Raya Idul Fitri," harap Citra Duani sebelum menyerahkan BLT di Desa Penjalaan.

BLT DD sebesar 600.000 yang diberikan selama 3 bulan  kepada masyarakat miskin Non PKH, diluar Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai. Dan Menjelang hari raya idul Fitri ini, Citra berkeyakian bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupannya ditengah pendemi Covid-19.

"Ini lah imbas bagi Orang yang sabar. Tidak terdata di PKH, atau Bantuan sosial lainnya tidak lantas menyalahkan Pemerintah. Masih ada kesempatan menerima bantuan lainnya. Seperti BLT DD ini, yang penentuan katagori keluarga miskin dan validasi serta finalisasi data keluarga miskinnya dibahas melalui Musyawarah Desa"terangnya.

Selanjutnya, Bupati yang hadir didampingi oleh Kepala SP3APMD, Kacap Bank Kalbar, Camat tidak lupa melakukan dialog langsung bersama Masyarakat Miskin penerma Bantuan. Dalam tatap muka ini, Citra memberikan memotivasi dan semangat kepada Masyarakat ditengah pandemi Covid-19 dan perekonomian yang menurun.

"Dengan ini saya dapat merasakan langsung rintihan dan keluhan warga saya, dan semoga kehadiran saya dapat menjadi semangat bagi mereka di tengah Pandemi ini. Kita patut bersyukur, di Amerika Sudah banyak orang d PHK, kehilangan mata pencarian. Tetapi di sini kita masih bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah"ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Desa Penjalaan  Slamet Riadi menyampaikan bantuan langsung tunai dari dana desa tentunya untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak dari pandemi wabah virus corona. Sebagai Imbasnya, Desa menyalurkan Batuan melalui Dana Desa.

"Perlu saya Laporkan Jumlah KK Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa,Desa Penjalaan Berjumlah 343 kk terbagi di empat dusun dan yang telah diusulkan untuk pengisian formulir Pembuatan Rekening Bank Kalbar Berjumlah 297 Kk"terangnya.

Dipenghujung Laporannya, Kades yang menerima Insentif dan Piagam  oleh Bupati karena kesigapannya menyalurkan BLT DD kepada masyarakat ini, mengaturkan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membantu menyalurkan Bantuan ini yang diharapkannya dapat memenuhi kehidupan Masyarakatnya.

"Tak lupa pula kami sampaikan ucapan ribuan terima kasih yang setinggi-tingglnya Kepada Bupati Kayong Utara,Dinas SP3APMD,Camat, Danramil, Kapolsek Pimpinan Bank Klabar Cabang Sukadana Beserta BPD yang telah memberikan arahan serta bimbingannya untuk kelancaran proses Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini" tutupnya. (Fau/*)

TerPopuler