APBD-P KKU TA 2019 Diduga Belum Serius Berswasembada Pangan dan Nelayan -->

APBD-P KKU TA 2019 Diduga Belum Serius Berswasembada Pangan dan Nelayan

09 Oktober 2019,
Korwil Pemenangan Partai Nasdem Ketapang-Kayong Utara, H Hamdani Adeni (kanan) bersama keluarganya ketika meninjau percepatan pembangunan kawasan. Istimewa for SUKADANA POST

sukadanapost.com, KAYONG UTARA. Tokoh masyarakat asal Kabupaten Kayong Utara (KKU), H Hamdani Adeni mengaku heran dengan DPRD Kabupaten Kayong Utara (KKU) yang mudah mengesahkan anggaran pendapatan dan belanja perubahan (APBD-P) tahun anggaran (TA) 2019. Saat ini masih proses review (peninjauan kembali) oleh Pemerintah Provinsi Kalimatan Barat (Pemprov Kalbar).

“Kami mengharapkan tema pembangunan daerah ke depan swasembada pangan dan nelayan. Namun saat ini, diduga pengelolaan sumber daya alam belum maksimal. Sebagaimana belum tampak dan tercermin di APBD-P TA 2019 yang disahkan DPRD KKU, Senin (4/10/2019) lalu,” keluh Hamdani Adeni, tokoh pemekaran KKU ini, Rabu (9/10/2019). 

Ia mengaku kecewa dengan percepatan pembangunan di Kayong Utara terkesan stagnan atau jalan di tempat. Kebanyakan hanya seremoni dan rutinitas kepemerintahan saja.

“Harus dilakukan secara serius tata cara pengelolaannya. Sumber daya alam di Kayong Utara cukup tapi sampai saat ini dikerjakan tidak terorganisir dengan baik. Intansi dan dinas terkait harus duduk satu meja, supaya petani dan nelayan harus sejahtera kehidupannya!” tegas Hamdani Adeni.

Dikatakannya program APBD-P TA 2019 terkesan antara dinas maupun instansi satu dengan yang lainnya jalan sendiri-diri. Seharusnya eksekutif di Kayong Utara bisa mengatur sinkronisasi program, supaya tidak ada tumpang tindih, kosong di lain dan boros di sektor yang lainnya.

“Dinas terkait jangan buat program sendiri-sendiri. Ada apa di Kayong Utara tercinta ini? Jangan sampai harapan masyarakat di perbaikan kesejahteraan hidupnya, kurang terakomodir di APBD-P KKU TA 2019,” pinta H Hamdani Adeni yang juga koordinator wilayah (Korwil) pemenangan Partai Nasdem Ketapang-Kayong Utara. (nur)

TerPopuler