ASRI dan 17 Komunitas Kampanyekan Melawan Asap -->

ASRI dan 17 Komunitas Kampanyekan Melawan Asap

18 September 2019,
Salah Satu Peserta Membagikan Masker ke Pengunjung Pantai Pulau Datok (Istimewa)
Sukadanapost, KAYONG UTARA-  Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) dengan komunitas-komunitas di Sukadana belum lama ini melakukan Planetary Health Campaign.

Sebuah kampanye bersama tentang melawan asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
Acara yang diadakan di Pantai Pulau Datok dihadiri oleh 17 komunitas yaitu 4 komunitas binaan ASRI (ASRI Teens, ASRI Kids, Alumni Planetary Health Camp angkatan 1 dan angkatan 2), Rebonk dari Yayasan Palung, Duta Lingkungan Hidup, Explore Alam Kalimantan, Friends Journey, Kebersamaan Community, Amphibi Reptil Indonesia, Kamipala Kalbar, Pandara, Krecker Supermotor, YVCI_Ky, Ekspedisi Alam Kalbar, Sindikat, dan Sekumpulan Komunitas Kayong Utara.

Direktur Eksekutif ASRI, Nur Febriani, mengatakan bahwa banyak sekali dampak dari kebakaran hutan dan lahan mulai dari kesehatan manusia hingga kesehatan alam.

“Kabut asap menyebabkan penyakit seperti iritasi mata dan ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). Kandungan asap terutama karbon monoksida dan PM10 dapat berakibat buruk pada sistem pernafasan kita. Sedangkan dampaknya untuk alam diantaranya adalah tanah gambut yang terbakar tidak dapat berfungsi lagi untuk menyerap air, sehingga di masa depan kita terancam mengalami kebanjiran,” ujarnya.

"Pendidikan anak terganggu karena ketidakjelasan dalam sekolah, penerbangan juga mengalami gangguan," tambah seorang perwakilan komunitas.

Semua peserta dari anak, remaja hingga orang dewasa sepakat bahwa budaya membakar hutan dan lahan harus dihentikan. Keresahan dan kekhawatiran dari bencana kabut asap ini dituangkan dalam poster yang dibuat oleh masing-masing perwakilan komunitas.

Peserta dengan poster kemudian didokumentasikan dalam foto dan video yang akan menjadi bahan kampanye digital. Setelah pembuatan foto dan video, peserta membagikan ratusan masker ke masyarakat dan pengunjung di sekitar Pantai Pulau Datok.

Untuk mengurangi dampak asap pada kesehatan, ASRI mengingatkan kepada  masyarakat untuk rajin menggunakan masker saat beraktivitas di tengah kabut asap, banyak minum air putih, dan makan sayuran serta buah-buahan yang tinggi anti-oksidan seperti tomat, apel, mangga, nanas, pepaya, dan buah naga. (Fe)

TerPopuler