Kabupaten Kayong Utara Miliki Dua Kerajaan -->

Kabupaten Kayong Utara Miliki Dua Kerajaan

18 Desember 2018,
Sultan Muhammad Jamaludin III memberikan sambutan perdanya paska dinobatkan menjadi Raja Simpang ke VIII.  (Fau) 
SUKADANA POST – Selain kerajaan Simpang, yang saat ini di pimpin oleh Gusti M Hukma, SE menjadi Sultan Muhammad Jamaludin 3, Kabupaten Kayong Utara juga memiliki Kerajaan Sukadana. Diakui Bupati, tidak lama lagi Kerajaan Sukadana juga akan dilakukan penobatan.

“Kesultanan Sukadana nanti juga kita akan adakan penobatan. Disatu Kabupaten ada 2 raja, ya memang dari dulu seperti itu,”terang Bupati Kayong Utara Citra Duani, Selasa (18/12).

Bahkan diakuinya, kedua Kerajaan yang ada di Kabupaten Kayong Utara ini juga akan direncanakan pembangunan Keraton sebagai simbol kerajaan yang ada di Kabupaten Kayong Utara. Namun untuk lokasi pembangunan keraton, khususnya di Kerajaan Simpang ini, diakui Citra pihaknya belum memiliki gambaran lokasi yang pas. Bila mengacu kepada bangunan Keraton Simpang yang lama, maka luas lahan yang ada tidak cukup luas, sehingga dirinya menyerahkan pemilihan lokasi kepada pihak kerajaan.

“Kalau untuk lokasi, di lahan yang lama Kantor Pos itu luas lahanya tidak memungkinkan lagi, jadi kita serahkan kepada keluarga dan kerabat kerajaan untuk mencarikan lokasi mana yang cocok. Prinsifnya pemerintah daerah siap untuk mendukung, dan mewujudkan impian masyarakat,”tuturnya.(Fau)

TerPopuler