Kepala Bank Kalbar Cabang Sukadana Klarifikasi Dugaan Penggunaan Foto Tanpa Izin di Kartu ATM

Kepala Bank Kalbar Cabang Sukadana Klarifikasi Dugaan Penggunaan Foto Tanpa Izin di Kartu ATM

27 November 2018,
Kepala Bank Kalbar Cabang Sukadana, Sabirin menerangkan pihaknya menggunakan foto di kartu ATM Bank Kalbar sudah sesuai prosedur, disampaikan di Sukadana, Selasa (27/11/2018) petang. Muhammad Fauzi/SUKADANA POST 
Sutera, SUKADANA POST – Kepala Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar) Cabang Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Sabirin mengklarifikasi terkait adanya pemberitaan Bank Kalbar Cabang Sukadana, diduga menggunakan foto milik salah satu fotografer Rizal digunakan di kartu automatic teller machine (anjungan tunai mandiri), biasa disingkat ATM.

Sabirin memberikan hak jawabnya ke beberapa awak media di ruang kerjanya di kantor Bank Kalbar, Selasa (27/11/2018) petang.

Ia menerangkan pihak Bank Kalbar memang telah diperintahkan pihak manajemen, mencari karakteristik atau icon daerah untuk ATM di mana Bank Kalbar tersebut berada. Ini diberlakukan di seluruh kabupaten/kota yang ada di provinsi Kalimantan Barat.

Adanya arahan itu, Bank Kalbar Cabang Sukadana berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah (Pemda) KKU untuk meminta salah satu foto yang menggambarkan icon Kayong Utara.

Pemda melalui Asisten I Setda KKU H Syarif Muzahar S.IP memberikanlah empat foto terbaik yang menjadi icon Kayong Utara, termasuk di dalamnya foto Tugu Durian dengan latar belakang Masjid Oesman Al-Khair.

Setelah mendapatkan empat foto dari Pemda KKU, pihak Bank Kalbar kembali menyerahkan empat foto tersebut kepada Pemda KKU untuk memilih salah satu foto itu, sebelum digunakan menjadi gambar di kartu ATM.

“Kita meminta foto dengan Pemda dan itu zaman bupati lama H Hildi Hamid, kemudian Asisten I Setda KKU Syarif Muzahar. Surat kita juga sudah lengkap dari kantor pusat, ada empat foto yang ditawarkan. Kami tanyakan kembali  lagi ke Pemda, bahwa dari empat foto hanya satu (yang digunakan di ATM, Red),” terang Sabirin.

Ditegaskannya pihak Bank Kalbar Cabang Sukadana tidak mengetahui foto itu milik siapa, sebab itu sesuai arahan dari Pemda KKU. Sebagaimana disetujui langsung Bupati Kayong Utara yang sebelumnya dijabat H Hildi Hamid, telah memilih dan menyetujui satu dari empat foto itu untuk digunakan pada kartu ATM Bank Kalbar Cabang Sukadana.

“Kami tidak tahu (hasil foto milik siapa, Red) karena kita tahu, itu dari Pemda. Itulah hasil cipta (foto) dari Pemda,” tuturnya.

Sabirin berharap kepada pemilik foto untuk mengklarifikasi pemberitaan yang sudah beredar itu, supaya tidak terjadi anggapan Bank Kalbar telah menggunakan foto milik orang lain tanpa sepengetahuan pemilik foto. Sebab, memang foto itu diakuinya, didapat Bank Kalbar dari Pemda Kayong Utara sendiri.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pemilik foto. Bagaimanapun icon itu satu sisi juga kebanggan kita sebagai Kabupaten Kayong Utara. Kemudian kami juga Bank Kalbar merasa bangga sekali mempunyai icon seperti itu. Kita juga berharap kepada pemilik foto (Rizal) untuk mengklarifikasi lagi, supaya tidak terjadi (anggapan) bahwa kita menggunakan itu di luar dari hak cipta orang lain,” harapnya kepada Rizal, pemilik foto. (fau)

TerPopuler