Bank Kalbar Diduga Langgar Hak Cipta Foto di Kartu ATM -->

Bank Kalbar Diduga Langgar Hak Cipta Foto di Kartu ATM

25 November 2018,
Bank Kalbar Cabang Sukadana diduga menggunakan hasil karya fotografi tanpa izin di kartu ATM yang dikeluarkannya. Istimewa
SUKADANA POST—Fotografer asal Sukadana, Kabupaten Kayong Utara (KKU), Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Rizal mengaku kecewa dengan pihak Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalbar Cabang Sukadana, memakai foto miliknya untuk gambar di sebuah kartu automatic teller machine (anjungan tunai mandiri), biasa disingkat ATM. 

Rizal mengaku foto hasil dari kameranya ini dipakai pihak Bank Kalbar, tanpa sepengetahuan dirinya.

"Etikanya ada, kalau memang digunakan untuk sebuah perusahaan, apalagi ini sebuah bank besar. Itu foto dari kamera saya, tiba-tiba dipakai Bank Kalbar untuk gambar di kartu ATM,” kata Rizal, Sabtu (24/11/2018).

Ia menceritakan awal mula sampai foto ini tersebar. Beberapa waktu lalu, foto itu dikopi oleh A, aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintahan daerah (Pemda) KKU.

Setelah sekian hari berjalan, Aji memberitahukan bahwa foto Rizal yang dengan dirinya itu, diminta oleh pihak Bank Kalbar. Akan tetapi foto itu digunakan untuk apa tidak diketahui.

"Aji memang ada menelepon saya, bilang kalau Bank Kalbar meminta fotoku. Saya bilang tidak tidak apa-apa, asalkan tetap mencantumkan identitas pemilik foto. Akan tetapi saya lihat di kartu ATM itu tidak ada identitas saya yang dicantumkan. Itu yang saya sesalkan,” kesalnya.

Berdasarkan pasal 1 angka 1 undang-undang nomor 28 tahun 2014 (UU 28/2014) tentang Hak Cipta menerangkan, Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sedangkan dimaksud karya fotografi, meliputi semua foto yang dihasilkan dengan menggunakan kamera. Karya fotografi maupun potret adalah ciptaan yang dilindungi hak cipta, mengacu pasal 40 ayat 1 huruf k dan huruf l UU 28/2014.

Sampai naskah diturunkan, belum mendapat konfirmasi dari pihak Bank Kalbar Cabang Sukadana. Sebab pada hari Sabtu, jam kerja manajemen tutup. Bank Kalbar Cabang Sukadana biasa buka di hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 pagi hingga 15.00 petang, kecuali hari khusus maupun tertentu. (tet)

TerPopuler