Prioritaskan Perpustakaan Kepulauan Karimata -->

Prioritaskan Perpustakaan Kepulauan Karimata

01 Maret 2018,
PERPUSTAKAAN  KELILING: Membaca itu jendela ilmu pengetahuan namun sekolah di kepulauan masih minim koleksi buku perpustakaan, Dipersip KKU canangkan perpustakaan keliling. Foto: repro bookread

SUKADANA—Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kayong Utara (KKU), Provinsi Kalimantan Barat, memprioritaskan pemenuhan dan pengelolaan perpustakaan di kepulauan.

“Kendala dalam pengembangan program di wilayah kepulauan, khususnya kecamatan Kepulauan Karimata, dialami bukan hanya dinas kami saja. Namun juga instansi lainnya. Ini tantangan kita,” kata Didit Kurniawan Kepala Dipersip KKU di ruang kerjanya, Kamis (1/3/2018).

Pada Agustus 2918, Dispersip KKU akan mendapatkan bantuan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Berupa mobil perpustakaan keliling dan motor perpustakaan keliling.

“Motor perpustakaan keliling akan diperuntukan di daerah Kepulauan. Kita jemput bola. Sebab selama ini untuk menembus akses ke sana sangat begitu sulit,” timpal Didit Kurniawan.

Selain pembinaan, lanjutnya, juga sambil membawa motor perpustakaan keliling di sana. Perpustakaan di sekolah, menjadi hak bagi semua sekolah yang ada di Kayong Utara. Menjadi kewajiban pemerintah daerah memenuhinya.

“Pengadaan buku-buku perpustakaan selain melalui anggaran pemerintah daerah, juga didukung pemerintah provinsi Kalimantan Barat dan pemerintah pusat. Kendala sekarang, koleksi buku yang ada merupakan buku-buku keluaran lama,” keluh Didit Kurniawan.

Ia mengharapkan peran serta dari pihak ketiga membantu ketersediaan buku-buku dengan judul judul terbaru. “Kami sangat menyambut baik pihak yang ingin kerjasama,” ajaknya. (L05)

TerPopuler