Murid-murid Dorong Mobil Perpustakaan Keliling -->

Murid-murid Dorong Mobil Perpustakaan Keliling

22 Maret 2018,
MASIH SEPI: Patut diduga budaya baca belum terbina dengan baik sehingga pengunjung perpustakaan DPK KKU masih sepi, Kamis (22/3/2018). Nanang Kopi/SUKADANA POST

SUKADANA—Dicanangkan semua sekolah di Kabupaten Kayong Utara (KKU) dapat dikunjungi perpustakaan keliling. Akan tetapi terkendala medan jalan sangat berat. Tak jarang, murid-murid akhirnya membantu mendorong mobil perpustakaan keliling.

“Jalan yang rusak membuat mobil perpustakaan keliling terjebak di tengah jalan. Tak jarang murid-murid yang iba, akhirnya membantu kami untuk mendorong mobil agar dapat sampai ke sekolah,” kenang Didit Kurniawan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) KKU di Sukadana, Kamis (22/3/2018).

Dikatakannya perpustakaan keliling yang dikelola DPK KKU, berupaya jemput bola di setiap sekolah hingga ke daerah kepulauan. Demi meningkatkan minat baca pelajar dan warga umum  

“Saat ini kami selalu berinovasi meningkatkan minat baca terhadap murid-murid sekolah dan kalangan masyarakat umum,” papar Didit Kurniawan.

Guna meningkatkan minat baca buku, pihaknya membuat inovasi baru dengan datang langsung ke sekolah-sekolah menggunakan mobil perpustakaan keliling. Selain datang ke sekolah, DPK KKU juga mendatangkan langsung anak-anak sekolah ke perpustakaan ini.

“Sekolah-sekolah di Sukadana sudah hampir merata, kita datangkan langsung. Bahkan ada juga sekolah dari Teluk Batang tetap kita fasilitasi,” ungkap Didit Kurniawan.   

DPK KKU juga melakukan beberapa inovasi. Seperti adanya bantuan motor perpustakaan keliling, diharapkan dapat menjagkau hingga ke Pulau Maya.   

“Alasannya di Pulau Maya tidak bisa terjangkau mobil,” timpal Didit Kurniawan.   

Ia menerangkan jumlah kunjungan masyarakat umum di perpustakaan yang dikelola DPK KKU, masih belum banyak tiap harinya. “Akan tetapi setiap minggu ada kunjungan sekitar 10 sampai 12 pembaca buku,” timpal Didit Kurniawan.

Koleksi buku yang ada di perpustakaan DPK KKU, setiap tahun diperbarui selalu. Sesuai kemampuan anggaran yang terbatas. Kadang perpustakaan ini ada bantuan buku dari pemerintah provinsi dan juga dari pemerintah pusat.

“Ketersedian buku yang sudah diolah terdapat 17.211 buku dengan 4.021 judul buku. (N4N)

TerPopuler