Sukadana, "Pemberian yang Menyenangkan" -->

Sukadana, "Pemberian yang Menyenangkan"

01 Februari 2014,

Sukadana adalah sebuah kecamatan yang juga merupakan ibukota Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Kabupaten Kayong Utara merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Ketapang yang disetujui oleh Anggota DPRD Ketapang tanggal 27 Juni 2007. Arti "Sukadana" sendiri berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu pemberian yang menyenangkan.

Dari Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat, Sukadana dapat ditempuh melalui perjalanan darat dengan waktu sekitar 12 jam melalui rute Ambawang-Nanga Tayap. Alternatif lainnya untuk ke Sukadana bisa juga menggunakan kendaraan air seperti speed boat melalui pelabuhan Senghi Pontianak tujuan Teluk Batang pada pukul 08.00 WIB sesuai jadwal dengan waktu tempuh berkisar antara 5 jam sampai dengan 6 jam.

Rute lainnya adalah melalui pelabuhan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jarak tempuh Kota Pontianak-Rasau Jaya berkisar sejam perjalanan.

Dari Rasau Jaya ke Sukadana bisa menggunakan transportasi Speed Boat dan Motor Air yang deikenal dengan nama "Kelotok".

Jarak tempuh dari Rasau-Teluk Batang (Pelabuhan Sukadana) menggunakan Kelotok memakan sekitar 10 jam. Waktu untuk dari Rasau, anda bisa memilih waktu pagi (08.00 WIB), sore (16.00 WIB) dan malam (20.00 WIB).

Selain melalui transportasi darat dan transportasi laut, untuk mencapai Sukadana bisa melalui perjalanan udara menggunakan pesawat NAM AIR dan Garuda Indonesia dengan waktu tempuh sekitar 35 menit dengan rute penerbangan Pontianak-Ketapang. Dari Ketapang ke Sukadana menggunakan perjalanan darat dengan waktu tempuh sekitar 1-2 Jam.

Sesuai arti namanya Sukadana memiliki beberapa objek wisata yang cukup terkenal yaitu Pantai Pulau Datok dan Lubuk Baji.
Pantai Pulau Datok
Pantai Pulau Datok terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung yang berada di Desa Sutra Kecamatan Sukadana. Tempat wisata ini sudah terkenal di Kalimantan Barat, terutama di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang. Tempat ini menjadi favorit bagi masyarakat sekitar dan pelancong dikarenakan suasanya tempatnya yang nyaman, jauh dari kebisingan. Para pengunjung bisa merasakan segarnya tiupan angin pantai, hamparan pasir yang luas memanjang dan ombak di tepian pantai. Aksesnya pun mudah dijangkai, sekitar 10 menit perjalanan dari Kota Sukadana dengan menggunakan roda dua.
Lubuk Baji
Lokasi tempat Lubuk Baji masih dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Palung, letaknya di Desa Benawai Agung Kabupaten Kayong Utara. Di tempat ini Anda akan menemukan jejak-jejak orang utan liar dan jika beruntung Anda dapat melihat langsung orang utan tersebut. Hewan lain yang bisa Anda lihat, Owa-owa, Monyet Merah Daun, Beruang Madu Malaya, Rangkong, Pelatuk dan binatang lainnya. Akses ke Lubuk Baji dapat Anda capai dengan berjalan kaki selama kurnag dari 8 jam melalui pintu masuk di Air Pauh Desa Sutra Kecamatan Sukadana. Untuk keluar dari tempat ini membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam menuju pintu keluar di Dusun Begasing Desa Benawai Agung Kecamatan Sukadana.
Berikut adalah nama desa dan kode pos Kecamatan Sukadana yang terdiri dari 10 desa, yaitu : 

  1. Desa Benawai Agung (Kode Pos : 78852) 
  2. Desa Gunung Sembilan (Kode Pos : 78852) 
  3. Desa Harapan Mulia (Kode Pos : 78852) 
  4. Desa Pampang Harapan (Kode Pos : 78852) 
  5. Desa Pangkalan Buton (Kode Pos : 78852) 
  6. Desa Riam Berasap Jaya (Kode Pos : 78852) 
  7. Desa Sedahan Jaya (Kode Pos : 78852) 
  8. Desa Sejahtera (Kode Pos : 78852) 
  9. Desa Simpang Tiga (Kode Pos : 78852) 
  10. Desa Sutera (Sutra) (Kode Pos : 78852)
Sumber: https://id.wikipedia.org 

TerPopuler