Penataan Ulang Dapil Sukadana dan Pulau Maya-Kepulauan Karimata

Penataan Ulang Dapil Sukadana dan Pulau Maya-Kepulauan Karimata

01 Februari 2018,
Peta Dapil DPRD KAB KAYONG UTARA di Pileg Tahun 2014. ISTIMEWA/KPU KKU
SUKADANA—Akan ada perubahan dalam penataan daerah pemilihan (Dapil) DPRD di Kabupaten Kayong Utara (KKU) pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019. Terutama Dapil I Sukadana dan Dapil IV Pulau Maya-Kepulauan Karimata, dimungkinkan ada penggabungan atau pergeseran jumlah kursi di DPRD.

“Memang kita ada penataan Dapil. Akan tetapi ini kembali ke uji publik ihwal tanggapan masyarakat  dan partai politik, sebagai pertimbnagan kita,” kata Bujang Asnan, Komisioner  Komisi Pemilihan Umum (KPU) KKU di Sukadana, Kamis (1/2/2018).

Dimungkinkan ada penggabungan Dapil. Terutama Dapil I Sukadana bergabung Dapil IV Pulau Maya-Kepulauan Karimata menjadi sembilan kursi. Kemungkinan lainnya, ada pergeseran satu kursi dari Dapil Sukadana ke Dapil Pulau Maya-Kepulauan Karimata.

Imbasnya, Dapil I sebelumnya ada enam kursi, dapat  berkurang menjadi lima kursi. Sedangkan Dapil IV akan bertambah menjadi empat kursi yang sebelumnya hanya tiga kursi.

“Kalau untuk jumlah kursi DPRD KKU masih tetap 25 kursi. Memang Dapil bisa saja ada penggabungan ataupun masih tetap,” tutur Bujang.

KPU KKU telah melakukan sosialisasi ke masyarakat dan partai politik di KKU, terkait penataan Dapil untuk menghadapi  Pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019.

“Ada yang memang menginginkan tapi ada juga ada yang tidak. Semua kembali hasil  uji publik nanti. Itulah yang akan menjadi ketetapannya,” jelasnya.

Anggota DPRD KKU Dapil Sukadana, Riduansyah mengatakan dirinya kurang setuju adanya penggabungan Dapil.

“Pertimbangannya bukan karena takut berkompetensi. Akan tetapi saya harapkan terciptanya pemerataan pembangunan,” jelasnya.

Menurutnya, anggota DPRD terpilih cenderung akan lebih memperhatikan daerah pemilih terbanyaknya.

Berdasarkan undang-undang Pemilu, Riduansyah menjelaskan ada tujuh prinsip. Yaitu, kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proposional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada wilayah yang sama, kohensivitas, dan kesinambungan. (L05)

TerPopuler