Mengintip Rangkong dari Bukit Mendale -->

Mengintip Rangkong dari Bukit Mendale

06 Maret 2016,
MERCU MENDALE: Mercu alami nan elok bestari langsung menghadap Selat Karimata namun potensi pariwisata ini kurang tergarap. Muhammad FauziSUKADANA POST
SUKADANA—Komuintas pencinta alam Explore Kayong Utara memperkenalkan keindahan alam di kawasan perbukitan Mendale desa Gunung Sembilan kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara (KKU), Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Keuntungan di mercu bukit Mendale, pengunjung dapat melihat keindahan Ibukota KKU, kota Sukadana di arah selatan. Ketika melihat ke arah barat, selat Karimata yang terhubung dengan laut Tiongkok Selatan terpampang jelas.

Syaratnya, pendaki sudah sampai minimal di ketinggian 320 meter dari permukaan laut (Mdpl).

Nah ketika di mercu bukit Mendali, pendaki akan disuguhkan dengan rona sunset (matahari tenggelam) di petang hari dan sunrise (matahari terbit) ketika fajar menyingsing.

Anggota Exlplore Kayong Utara, Imam mengatakan para pengunjung yang memang hobi mendaki, bole mencoba mendaki ke bukit Mendale. Selain disajikan pemandangan indah, pendaki di malam hari dapat melihat lampu-lampu kota Sukadana.

Jika wisatawan beruntung, dapat melihat ataupun mengintip Rangkong (Enggang Gading) paruh kuning. Biasanya burung langka dilindungi ini, terbang bermain-main di udara dan sesekali hinggap di pepohonan, pada waktu petang hari dan subuh hari.

“Burung langka ini biasa melintas pada sore hari ketika matahari akan terbenam dan subuh hari ketika matahari akan timbul,” kata Imam. (Z17)

TerPopuler